Artikel

PERESMIAN RUMAH BACA " KARYA MANDIRI"

07 September 2021 19:37:10  Humas  371 Kali Dibaca 

Seiring dengan adanya dukungan dari pemerintah terhadap Gerakan Membaca Masyarakat muncul istilah-istilah alternatif yang menggeser istilah perpustakaan yang salah satunya adalah Taman Baca Masyarakat (TBM). Kemunculan TBM menjadi embrio pendidikan alternatif (informal/nonformal) untuk mendorong gerakan membaca masyarakat secara swadaya.

Berdirinya Rumah Baca di Desa Jatilawang berawal dari para mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan KKN. Untuk tempat bertepatan di Polindes namun pada bagian depan. Oleh karena itu, Tim KKN UPS Desa Jatilawang bersam jajaran pemerintahannya sepakat untuk membangun Rumah Baca tersebut yang juga dijadikan sebagai salah satu program multi KKN UPS.

Pada Kamis  2 September 2021, dilakukan peresmian Rumah Baca. Rumah Baca  ini diresmikan dengan nama “ KARYA MANDIRI “. Dalam acara peresmian juga dihadiri oleh perangkat desa.

Terbentuknya Rumah Baca ini mendapat tanggapan yang sangat positif dari warga Desa Jatilawang maupun dari anak-anak kecil yang dapat terlihat dari antusiasme membaca dan mengunjungi Rumah Baca walaupun proses pembenahannya belum selesai. Nantinya, tidak hanya dapat digunakan sebagai taman baca, tetapi juga dapat  difungsikan sebagai tempat berkumpul organisasi pemuda Desa Jatilawang seperti karang taruna, IPNU dan IPPNU. Tim  KKN UPS berharap agar Rumah Baca Karya Mandiri terus maju dan dapat menjadi sarana belajar masyarakat Desa Jatilawang untuk terus mengembangkan diri menjadi sumber daya manusia berkualitas untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Menu Kategori

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : JALAN POJOSUMARTO NO.3 DESA JATILAWANG RT01 RW01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL
Desa : Jatilawang
Kecamatan : Kramat
Kabupaten : Tegal
Kodepos : 52181
Telepon : 087830477141
Email : desajatilawang@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:41
    Kemarin:71
    Total Pengunjung:38.778
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.22.250.172
    Browser:Mozilla 5.0